Kamis, 30 Agustus 2018

sentra

Haii teman-teman,,, penasaran nggak sama proses pembelajaran di TK IT Adzkia III Kuranji-Padang? Kebetulan kami sedang jam sentra teman-teman, yuk lihat sedikit proses pembelajaran kami.

Metode pembelajaran di TK IT Adzkia III Kuranji-Padang menggunakan metode SCL (Student Centered Learning) yaitu pengelolaan kelas yang terpusat untuk memenuhi kebutuhan main anak di mana anak dapat memilih minimal 3 kesempatan main dalam satu kegiatan dengan dukungan guru secara khusus.

Sekarang adalah minggu ke-VIII dalam semester satu, jadi tema minggu ini adalah “Manasik Haji” dan sub temanya Air zam-zam. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk menambah wawasan keIslaman anak melalui kegiatan bercerita kisah nabi Ismail dan Siti Hajar. 

Ada lima sentra pembelajaran di TK IT Adzkia III Kuranji-Padang, tentunya setiap sentra memiliki kegiatan dan tujuan yang berbeda-beda.

  • Sentra Rancang Bangun
Calon arsitek masa depan, hihihi…
Di sentra ini kami dikenalkan dengan beberapa bentuk balok, sehingga kami dapat merancang bangunan sesuai dengan pola bangunannya.
Sesuai dengan tema hari ini kami dikenalkan bagaimana bentuk ka’bah kemudian kami belajar membangun ka’bah, meskipun kadang tidak mirip tetapi kami tetap mengerjakan kegiatan,,, hehehe….


  • Sentra Persiapan
Di sentra ini kami diajarkan permainan matematika/berhitung, persiapan mambaca dan menulis, Puzzle, menyusun pola, meniru pola, dll. Kali ini kegiatan kami adalah menarik garis lengkung dalam gambar ka’bah, mengurutkan air di gelas dari paling yang sedikit - paling banyak, maze Ismail menuju sumur zam-zam dan membentuk angka 3-5 dengan plastisin.

  • Sentra Kreasi
Kami semua siap berkreasi.
Kali ini kami membuat miniatur ka’bah teman-teman. Kami semua sangat bersemangat untuk menyelesaikan minniatur ini, karena satu hasilnya yang kami dapatkan adalah kebanggan bagi kami.


  • Sentra Imajinasi
Di sentra imajinasi kami semua jadi artis teman-teman, hihi...
Kami bermain peran sesuai dengan tema yang diberikan ustadzah. Tema hari ini adalah “Telaga Zam-Zam”. ada yang berperan sebagai Ismail yang menghentakkan kaki ke tanah.

  • Sentra Eksplorasi
Sentra eksplorasi adalah sentra basah-basah,,, hihi…
Kegiatan kami hari ini memasukkan air zam-zam ke dalam botol dengan menggunakan cangkir, menuang air ke botol dari cangkir dan memeras air dengan menggunakan spoon.
Bagi kami kalau nggak basah nggak seru…
Hehehe….


0 komentar:

Posting Komentar